Langsung ke konten utama

Serunya Belajar Desain Menggunakan Canva

 kursus canva online murah

Sekilasinfo.my.id- Sejak mengenal dunia blogging dan lomba, perubahan terasa sekali pada kompetitor lomba blogging. Dimana kalau dulu hanya mengutamakan artikel yang kuat dan berbobot, serta beberapa foto sebagai alat yang mendukung. Belakangan ini pemenang lomba blog semakin bervariasi tidak hanya artikel saja yang kuat, tetapi juga didukung oleh foto yang kece, infografis, termasuk ilustrasi dan video. Di sinilah, aku mulai mencoba belajar design. Awalnya kesulitan, karena aku tidak memahami design. Namun, begitu mengenal Canva. Aku menyadari serunya belajar desain menggunakan Canva.

 

Sebelumnya aku membuat ilustrasi menggunakan photoshop, meskipun aku tidak begitu paham menggunakan editing fotography. Lalu, dilanjutkan belajar design menggunakan power point. Aku yang tidak begitu menguasai teknologi, tentu saja merasa kesulitan. Waktu berlalu dan sekarang sudah banyak sekali aplikasi atau program untuk membuat desain ilustrasi dengan mudah baik menggunakan aplikasi khusus maupun hanya membuka website di browser sudah bisa mendesign selayaknya designer profesional.

 

Pengenalan Canva

 Canva merupakan aplikasi design yang dirancang khusus untuk pemula dan juga ahli design untuk memudahkan mendesain sesuatu seperti flyer, poster, kartu nama, dan bahkan infografis. Apalagi canva bisa diakses menggunakan smartphone maupun desktop (laptop dengan membuka browser).

Apalagi Canva ini bisa diakses secara gratis dan juga berbayar dengan pendukung ratusan template yang bisa digunakan secara gratis baik itu design themes, stiker, dan bahkan elemen.

 

Cara Menggunakan Canva

Menggunakan canva untuk mendesain flyer, kartu nama, poster itu sangat mudah. Apabila  kita menggunakan desktop, kita hanya perlu membuka link canva yakni canva.com dan mendaftar menggunakan email. Bahkan kalau tidak mau ribet bisa langsung menggunakan google.

Sedangkan jika menggunakan telepon genggam, yang pertama harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal canva. Caranya buka di playstore, kemudian cari canva. Setelah menemukannya baru diinstal ke dalam smartphone. Setelah itu, baru register apabila belum pernah menggunakan canva sama sekali. Jika sudah pernah menggunakan canva dalam versi desktop. Kita hanya perlu sign in untuk bisa masuk ke dalam aplikasi canva.

Beneran sangat mudah banget bukan menggunakan canva. Tidak heran memang canva menjadi naik daun bagi seseorang yang tidak mengetahui desain. Pasalnya, Canva memberikan kemudahan penggunanya untuk membuat desain apapun yang dibutuhkan, termasuk logo usaha.

 

Belajar Canva Sendiri

Setelah mengetahui ada aplikasi desain yang kece badai ini, aku pun belajar menggunakan canva sendiri. Ya, meskipun masih menggunakan canva gratisan; tetap saja aku berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan canva untuk membantuku dalam hal membuat design ilustrasi menggunakan canva.

 

Maklum, perubahan zaman menuntut kita seorang blogger untuk bisa maju dan berkembang; seiring dengan perubahan konsep. Dimana blog bukan sekedar menuliskan artikel dan memberikan satu atau dua buah foto saja. Melainkan memberikan ilustrasi desain yang kece agar pengunjung blog semakin betah dan memahami apa yang dimaksud pemilik blog.

Awal menggunakan canva hanya sebatas mengganti kata-kata dan memasukan foto saja, serta membuat ilustrasi seadanya saja. Namun, keinginan untuk memanfaatkan aplikasi canva semakin menggebu. Tidak cukup untuk belajar design grafis sendiri di canva dan aku butuh bimbingan dalam belajar canva.

 

Kursus Canva Online

Masa pandemik membuat kita tidak bisa kemana-mana, termasuk anak-anak belajar di rumah. Dari sinilah mulai timbul keinginan untuk belajar canva lebih dalam lagi dan tidak sekedar meraba-raba dan mencoba. Berbekal google.com mesin pencari informasi yang luar biasa lengkap ini. Aku mencari kursus canva online dan ternyata banyak sekali orang yang membuka kursus canva online.

Tentunya, aku harus menyeleksi terlebih dahulu dan menyesuaikan kebutuhan agar blog aku semakin kece dalam hal desain ilustrasi meskipun hanya menggunakan aplikasi canva. Apalagi canva tidak hanya sekedar alat untuk mendesain ilustrasi maupun desain grafis, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat video ilustrasi menggunakan canva.

Aku pun mengikuti kursus design secara online baik itu gratis maupun berbayar dengan tujuan agar aku bisa mendesain ilustrasi dan infografis aku sendiri. Sehingga blog aku juga semakin kece, tidak ketinggalan seperti blogger lain yang sudah menguasai design grafis.

 

Design Infografis Menggunakan Cava

Bayangkan saja di Canva itu ada beragam desain yang menarik lho. Desain yang sudah siap kita gunakan yakni

  • Instagram Posts 
  • Instagram Stories 
  • Posters 
  • Logos 
  • Your Stories 
  • Phone Wallpaper 
  • Animated Social Media 
  • Presentations 
  • Whatsapp Stories 
  • Sale Instagram Posts 
  • Videos 
  • Photo Collages 
  • Cards 
  • Facebook Covers 
  • Youtube Thumbnails 
  • Flyers 
  • Brochures 
  • Infographics 
  • Zoom virtual background 
  • Certificates 
  • Invitations 
  • Menus 
  • Ebook Covers
  •  Dan lain-lain.

 Saat ini Storycitra membuka kelas canva online yang sistem kelasnya di whatsapp grup dan juga zoom. Dimana peserta kelas dalam setiap grup tidak banyak minimal 10 orang; sehingga setiap peserta kelas canva bisa maksimal untuk belajar design. Apalagi sistem bahan ajarnya berupa video setiap detail. Hal itu memudahkan peserta untuk belajar.

Salah seorang pelajar termuda berusia 9 tahun yang masuk ke kelas Blogger, Rakha, siswa salah satu SD di Balikpapan mengatakan kursus canva di story citra memudahkannya untuk belajar membuat ilustrasi.

“Menyenangkan belajarnya, karena tutorial videonya dibuat singkat-singkat, tetapi banyak. Jadi, kalau nggak paham bisa diulang,” ucapnya.



Kelas Canva Online Citra ini harganya sangat terjangkau yakni mulai dari Rp99.000,00 - Rp150.000,00. Dimana dibagi menjadi tiga kelas yakni

  1. Kelas Basic 
  2. Kelas Blogger, dan 
  3. Kelas Digital Painting dan Anime



Per kelas memiliki materi yang berbeda yakni untuk kelas basic yang diajari mulai pengenalan canva, design card, logo, flyer dan poster aesthetic, keyword, simple ilustrasi desain, design 9 feed instagram dan bonus video presentasi dan video footage kata-kata motivasi. Dimana untuk kelas canva basic ini harga per orang dibandrol hanya Rp99,000, plus canva pro sebulan. 



Sedangkan untuk kelas canva Blogger materi yang diajarkan yakni Pengenalan canva, design card, design carousel 3 kolom hingga 7 kolom, keyword, desain ilustrasi indoor, design ilustrasi outdoor plus desain minimalis, lalu di hari berikutnya yakni desain gabungan ilustrasi dan video. Ditambah bonus video footage dan video aesthetic dengan menggunakan aplikasi canva dan video editor di smartphone. Harga kelas ini hanya Rp120,000 dan sudah dapat canva pro setahun (selama persediaan canva pro tim masih ada).



Berbeda dengan kelas digital art dan anime yang harganya lebih besar tetapi tanpa bonus canva pro; Harga kelas ini dibanderol sebesar 150,000 tetapi peserta kelas canva digital art ini akan mendapatkan pelajaran mengenai pengenalan canva tools, design art lukisan menggunakan canva elemen tools. Desain perpaduan photo dan elemen, lalu dilanjutkan sampai kelas selesai yakni anime. Di hari puncaknya gabungan video editing dan anime untuk menyatukan setiap bagian scene menjadi cerita yang menarik.



Nah setiap kelas selain berdiskusi di whatsapp grup, juga ada di kelas zoom. Jadi, bagi peserta yang tidak memahami pelajaran di video bebas bertanya apapun di kelas zoom online. Cara daftarnya mudah banget tinggal mengirim email ke sekilasinf10@gmail.com untuk mengikuti kelas canva di storycitra.


Belajar canva itu sangat menyenangkan dan membuat kita semakin kreatif dalam berkarya dan membuat ilustrasi. Bahkan, dengan canva juga kita bisa membuat cerita anak dengan gambar yang lebih menarik! Yakin, tidak mau upgrade ilmu dengan canva?

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nikmatnya Sambal Ny. Rara

  Kenapa makanan pedas itu nikmat? Karena kita sudah terbiasa untuk menikmati sesuatu yang pedas. Baik kata-kata ataupun makanan. Eh, bercanda gih. Pastinya, makanan pedas itu menggugah selera makan. Tidak heran memang, cabai merupakan hal wajib ada di rumah setiap orang.   Bicara cabai, pasti tidak luput dengan kata sambal. Apa sih sambal itu? Menurut kamus, sambal adalah kuliner Indonesia yang merujuk pada saus maupun kondimen pedas. Dimana bahan utamanya adalah cabai yang digiling dengan bahan lainnya, seperti bawang merah, putih, tomat dan sebagainya.   Bicara soal sambal, sini Admin kenalkan sambal Ny. Rara yang diproduksi di Tangerang. Dimana sambal Ny. Rara ini tersedia belasan varian rasa diantaranya sambal jengkol, sambal teri medan, sambal tuna, sambal terasi, sambal bawang dan sebagainya. Nah, kamu bisa memilih sambal yang paling kamu sukai.   Harganya terbilang terjangkau, untuk berat 35 netto saja di bandrol mulai Rp9.900; sedangkan kemasan jar mulai berat

Produk UKM Kepri: Sehatnya Ngemil FishRoll

Sekilasinfo.my.id Di sini ada yang suka makan ikan? Tau dong, kalau ikan itu kaya akan gizi dan juga manfaat.  Sebab, ikan memiliki kandungan protein, vitamin, dan mineral yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, maupun menurunkan tekanan darah. Bahkan, kandungan omega-3 pada ikan sangat  baik bagi kesehatan jantung. Oleh sebab itu, banyak sekali cemilan olahan ikan. Salah satu cemilan favorit Admin yakni Fish Roll. Penasaran kan, apa itu fish roll?   Mau tau apa itu Fish roll? Ownernya menyebutnya Fishrollic yang merupakan inovasi bakso ikan yang digulung menggunakan kulit lumpia. Bahkan cemilan satu ini tersedia dalam bentuk beku dan dilengkapi dengan sambal cocol homemade . Duh, kalau mau ngemil kapan saja, tinggal cap cus goreng, jadi aman ya. Bahkan, nggak perlu ribet lagi nyari sambalnya. Pasalnya, sudah disediakan sambal yang menambah selera, ketika ngemil bakso ikan satu ini.   “Kami memang memproduksi bakso ikan, dikarenakan ikan di perairan

Produk UKM Kepri: Hajatan, Ingat Catering Faaiz

  Sekilasinfo.my.id -   Tidak semua orang suka ribet urusan dapur! Bahkan, untuk urusan makan harian, saja sebagian besar lebih condong beli makanan di luar. Apalagi kalau ada hajatan, acara seperti pesta ulang tahun, resepsi apalagi selamatan. Admin, tidak bisa kebayang sudah capai bersihkan rumah, harus berkecimpung untuk urusan dapur. Kalau Admin sih, lebih memilih membeli makanan catering, jadi nggak pakai ribet untuk urusan dapur. Di Tanjungpinang, ada lho catering yang menyediakan nasi tumpeng, nasi kotak, bahkan juga bento, serta aneka snack box. Nama cateringnya adalah catering faaiz. Wah, mantap banget ya. Jadi kalau buat acara tidak perlu merasakan lelah berkali-kali lipat, karena sudah ada jasa layanan catering yang bisa memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan. “Bisnis ini, saya mulai di tahun 2016, dimulai dengan nasi tumpeng atau nasi kuning,” ujar Kak Tri, Pemiliki Catering Faaiz.  Meskipun awal mulanya di awali dengan nasi tumpeng maupun nasi kuning kotak, Kak Tri